Kenali lebih dini gejala Serangan Jantung di SehatQ.com

1 min read

Sebelum kita mengenali gejala dari Serangan Jantung, yuk kita bahas terlebih dahulu apa sihh penyakit serangan jantung itu?

Menurut Direktori Penyakit di SehatQ.com, Serangan jantung adalah keadaan serius yang terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat  secara mendadak oleh pembekuan darah.  Penyumbatan juga sering terjadi karena penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain, yang membentuk plak di arteri yang memberi makan jantung (arteri koroner).

Terkadang, plak bisa pecah dan membentuk gumpalan yang menghalangi aliran darah. Aliran darah yang terputus dapat merusak atau menghancurkan sebagian dari otot jantung.

Serangan jantung, atau yang biasa juga disebut dengan myocardial infarction, bisa berakibat fatal bahkan berujung kematian. Akan tetapi seiring dengan kemajuan teknologi di dunia medis, pengobatan dan penanganan penyakit ini telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun.

Fakta menarik lain adalah penyakit jantung merupakan masalah kesehatan baik di negara maju maupun di negara berkembang. Dan yang lebih mengejutkannya lagi penyakit ini juga menyerang usia muda loh, jadi ini bukan sekedar penyakit untuk orang tua saja lohh guys.

Gejala Serangan Jantung

Serangan jantung bisa terjadi secara bertahap, jadi seseorang dapat merasakan sesak atau nyeri dada beberapa hari hingga beberapa minggu. Pada umumnya gejala terjadi adalah rasa sakit pada dada, tapi serangan jantung bukan hanya itu saja gejalanya. Berikut ini tanda dan gejala serangan jantung yang sering dialami.

  • Tekanan, sesak, nyeri, atau sensasi meremas atau sakit di dada atau lengan yang dapat menyebar ke leher, rahang, atau punggung
  • Mual, gangguan pencernaan, mulas atau sakit perut
  • Sesak napas
  • Keringat dingin
  • Kelelahan
  • Pusing tiba-tiba
  • Penurunan kesadaran

Penyebab Serangan Jantung

Memang penyakit jantung terjadi karena penumpukan bekuan darah di arteri (aterosklerosis) yang mencegah darah masuk ke otot jantung. Akan tetapi, kenapa serangan jantung itu bisa tejadi? Penyakit jantung bisa terjadi karena usia dan gaya hidup. Nahh agar lebih jelasnya berikut ini faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terjadinya penyakit jantung.

Usia lanjut

Penyakit jantung memang bukan menyerang usia lanjut saja tapi juga usia muda. Akan tetapi Usia lanjut lebih beresiko lebih terkena penyakit jantung, terutama di usia sekitar 65 tahun lebih rentan mengalami penyakit jantung ini.

Jenis kelamin

Ternyata jenis kelamin juga mempengaruhi resiko penyakit jantung. Jadi menurut direktori penyakit di SehatQ, laki-laki memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibanding perempuan.

Riwayat keluarga

Ternyata untuk kalian yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes, memiliki resiko lebih tinggi terkena penyakit jantung.

Gaya hidup

Jadi gaya hidup bisa sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita yaa. Behati-hati lahh untuk kalian yang sering merokok dan mengkonsumsi alkohol, karena hal tersebut dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Obesitas

Untuk kalian yang memiliki berat badan yang berlebih, kalian harus waspada. Karena hal itu juga memiliki resiko terkena penyakit jantung.

Stres

Stres ternyata dapat mempengaruhi kesahatan kita lohh guys. Tidak hanya penyakit jantung stres juga bisa menimbulkan banyak penyakit. Jadi jangan stres yaa baik stres karena pekerjaan atauun stres karena tidak punya uang. 

Semoga artikel saya di atas dapat bermanfaat dan memberikan informasi yang berguna untuk kalian yaa. Jika kalian masih bingung dan ada yang ingin kalian tanyakan kalian bisa menanyakannya pada kolom komentar. Atau kalian bisa bertanya langsung dengan dokter dengan aplikasi dari SehatQ.

0
×

Coupon $100 VPS DigitalOcean

Click Here