Apa Perbedaannya Asisten virtual dengan Chatbots

1 min read

Apa Perbedaannya Asisten virtual dengan Chatbots

Dalam dunia AI – chatbots, dan asisten virtual adalah dua kata populer yang terlalu sering digunakan secara bergantian meskipun artinya dua hal yang berbeda. Terkadang, Anda bahkan mungkin mendengar istilah ‘asisten virtual chatbot’ digunakan sebagai pengganti chatbot atau asisten virtual.

Di blog ini, kami melihat perbedaan antara chatbot, asisten virtual, dan asisten virtual chatbot, dan memberi Anda beberapa panduan tentang solusi mana yang akan digunakan, dan kapan.

Apa Itu Virtual Assistant Chatbot?

Asisten virtual chatbot adalah gabungan dari dua program terpisah – chatbot, dan asisten virtual. Satu-satunya kesamaan antara kedua program ini adalah bahwa keduanya dibangun untuk mempermudah kehidupan manusia melalui percakapan. Mari kita pahami perbedaan dasar antara chatbots dan asisten virtual.

Apa Itu Chatbot?

Chatbots adalah program yang dirancang dengan tujuan untuk melibatkan pelanggan dalam percakapan seperti manusia. Jadi, chatbots digunakan oleh bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan (atau prospek) dan menawarkan bantuan sepanjang waktu.

Mari kita pahami peran chatbot lebih baik dengan contoh: Barney.

Barney adalah chatbot e-niaga (layanan pelanggan digital dan perwakilan penjualan) yang digunakan oleh merek Barney and Flowers – toko suvenir yang menawarkan kombinasi tidak biasa antara dinosaurus dan bunga sebagai hadiah. Sekarang, Barney dapat:

– Pertanyaan lapangan tentang berbagai penyesuaian yang tersedia bersama dengan gambar yang relevan

– Bantu pelanggan melalui proses penyesuaian dan penempatan pesanan mereka

– Mengotomatiskan alur kerja untuk pengembalian dana, dan menjadwalkan ulang permintaan dan menawarkan resolusi instan

– Membantu pelanggan dengan pembaruan pengiriman

Barney memainkan peran sebagai chatbot pelanggan dan membantu pelanggan dengan segala sesuatu yang dibuat oleh orang-orang di Barney and Flowers. Namun, jika ada sesuatu yang berada di luar jangkauan kemampuan Barney, yang dapat dilakukannya hanyalah menyerahkan percakapan tersebut kepada agen manusia.

Chatbots cukup cerdas untuk merasakan konteks percakapan dan menjalankan aliran bot yang tepat. Namun, chatbot tidak dapat menemukan jawaban atau melakukan serangkaian aktivitas sendiri. Di sisi lain, asisten virtual dapat menjelajahi sumber daya yang ada dan menawarkan bantuan untuk berbagai permintaan.

Apa Itu Asisten Virtual?

Asisten virtual (juga dikenal sebagai asisten virtual cerdas atau asisten pribadi cerdas) adalah asisten pribadi online yang membantu orang dengan aktivitas sehari-hari mereka seperti mengelola email, menjadwalkan rapat, dll. Asisten virtual populer termasuk Amazon Alexa, Siri Apple , Asisten Google, dan Cortana Microsoft.

Meskipun asisten virtual ini dapat membantu Anda dengan banyak tugas sehari-hari, dalam hal layanan pelanggan, mereka hanya dapat menyarankan agar Anda menjangkau semua Barney di dunia, tetapi tidak dapat menyelesaikan pertanyaan Anda sendiri.

Sumber : https://mohsai.com/tanya-veronika-asisten-virtual/

2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Coupon $100 VPS DigitalOcean

Click Here