Elon Musk – produksi robot Tesla dapat dimulai tahun depan

1 min read

Elon Musk - produksi robot Tesla dapat dimulai tahun depan

Tesla dapat memulai produksi robot humanoid yang dikenal sebagai Optimus pada awal tahun depan, CEO Elon Musk mengatakan Kamis.

PHP Dev Cloud Hosting

Pembuat kendaraan listrik pertama kali menggoda robot, yang juga dikenal sebagai Tesla Bot, pada “Hari AI” pada Agustus 2021, dengan mengatakan itu akan menjadi mesin serba guna yang mampu melakukan berbagai tugas.

“Kami memiliki kesempatan untuk memproduksi versi pertama Optimus semoga tahun depan,” kata Musk pada hari Kamis pada pembukaan pabrik perakitan kendaraan baru Tesla di Austin, Texas, di mana ia muncul di atas panggung – dengan topi koboi dan kacamata hitam – untuk Dr. Dre “Still D.R.E.”

Tesla belum mengungkapkan prototipe robot yang berfungsi, dan tidak jelas seberapa canggih Optimus pada tahap ini.

Musk mengklaim bahwa Optimus pada akhirnya akan dapat melakukan apa pun yang tidak ingin dilakukan manusia, mengklaim bahwa itu akan membawa “zaman kelimpahan”.

Mencolok nada bullish, Musk juga menyarankan bahwa robot itu akan “mengubah dunia … ke tingkat yang lebih besar” daripada mobil Tesla yang terkenal. “Mungkin sulit membayangkannya,” katanya.

AI telah dipuji sebagai ancaman potensial bagi kemanusiaan dan Musk mengatakan pada 2018 bahwa menurutnya AI lebih berbahaya daripada senjata nuklir. “Seperti yang Anda lihat Optimus berkembang, semua orang akan memastikannya aman,” katanya Kamis. “Tidak ada barang Terminator atau semacamnya.”

Dia sebelumnya mengatakan Tesla sedang merancang robot sehingga manusia akan mampu melarikan diri darinya, atau mengalahkannya.

Ketika Musk pertama kali mengumumkan robot Tesla, dia mengatakan itu akan didasarkan pada chip dan sensor yang sama yang digunakan mobil perusahaan untuk fitur self-driving. Tingginya lima kaki delapan inci, menurut Musk, dan memiliki layar setinggi kepala untuk informasi yang berguna.

Banyak orang awalnya berpikir bahwa bot itu tidak lebih dari alat rekrutmen AI untuk Tesla, tetapi Musk mengatakan pada Januari bahwa robot itu sebenarnya adalah prioritas utama untuk pengembangan produk baru tahun ini.

“Saya pikir itu memiliki potensi untuk menjadi lebih signifikan daripada bisnis kendaraan dari waktu ke waktu,” kata Musk tentang robot tersebut saat itu. Fakta bahwa dia sekarang berbicara tentang produksi pada tahun 2023 menunjukkan bahwa Optimus memang merupakan upaya yang serius.

Peneliti AI dan pengusaha Gary Marcus mengatakan kepada CNBC bahwa dia bersedia bertaruh bahwa tidak ada robot yang dapat melakukan semua tugas manusia pada akhir tahun 2023.

“Tesla bahkan belum (setelah bertahun-tahun berusaha) mendekati dengan andal menyelesaikan satu tugas yang relatif sederhana (mengemudi); untuk mengklaim bahwa robot yang tidak pernah ditampilkan secara publik akan menyelesaikan semua tugas manusia dalam satu atau dua tahun ke depan adalah tidak masuk akal,” katanya.

“Dia dapat mengirimkan apa pun yang dia inginkan tahun depan, karena dia adalah bosnya, tetapi tidak mungkin versi satu akan mendekati ambisinya, jika dirilis secepat itu.”

Musk dikenal karena kecakapan memainkan pertunjukannya, di mana ia mengumumkan bahwa Tesla sedang mengerjakan produk-produk menarik yang dijadwalkan selama bertahun-tahun ke depan untuk memberi energi kepada para pendukung termasuk karyawan, pelanggan, dan investor. Seringkali, peluncuran produk tidak terjadi pada timeline yang diprediksi.

Misalnya, pada acara “Hari Otonomi” pada April 2019, Musk mengatakan perusahaan akan memiliki 1 juta “robotaxis” otonom di jalan pada tahun 2020. Robotaxis itu tidak terlihat di mana pun.

Dan pada Oktober 2016, Musk mengadakan acara di halaman belakang Universal Studios di Los Angeles untuk memamerkan produk yang disebutnya Solar Roof. Genteng surya yang dipamerkan ternyata hanya konseptual.

Sumber : https://www.cnbc.com/

Cloud Hosting Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.